Kamis, 23 November 2023

 Peran Orang Tua Dalam Membangun Akhlak


Beberapa hari terakhir ini, kita sering disajikan berbagai kejadian perilaku yang anarkis, menyimpang, melonggar norma hukum maupun agama yang dilakukan oleh anak usia pelajar. Sebut saja seorang siswa SMK di Bima memukul gurunya gara-gara ditegur ketika merokok di kelas. Di Babat, Lamongan seorang siswi dipotong tangannya dan dirampas sepeda motornya ketika mengisi bahan bakar di SPBU, ditengarai dilakukan oleh tiga orang pelajar. Di Sumbawa, NTT, orang tua murid melaporkan guru SMK karena pukulan “kasih sayang” kepada murid laki-lakinya yang tidak salat Dhuhur, bahkan orang tua menuntut ke guru uang sebesar Rp.50 juta atas tindakannya tersebut. 

Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk perilaku anak karena keluarga adalah tempat pendidikan yang pertama dan utama. 

Peran orang tua dalam membentuk akhlak anak dapat dilakukan dengan cara orang tua menanamkan ketauhidan yang kuat kepada anak, menanamkan ibadah yang kuat dengan mengajaknya salat berjamaah, memberikan keteladanan sikap dan perilaku yang baik di lingkungan keluarga dan masyarakat, memberikan kasih-sayang, memberikan ruang kepada anak untuk mengembangkan potensinya, memberikan perhatian dan apresiasi atas perilaku yang baik serta menegur dan memberikan konsekuensi jika melakukan kesalahan, memantau pemanfaatan digital terutama terkait hal-hal yang diakses, memberikan pemahaman tentang perilaku buruk yang ditemui maupun yang dilihatnya, dan yang tidak kalah penting adalah memberikan kepercayaan dan memahamkan pentingnya kepercayaan. 


tulisan ini juga dimuat pada web SD Luqman Al Hakim Surabaya

https://integral.sch.id/artikel-1831-Peran-Orang-Tua-Dalam-Membangun-Akhlak.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar